Gunung Padang Cianjur



Berbicara tentang masa lampau, kita akan selalu ditarik memperbincangkan persoalan sejarah. Sebab sejarah merupakan dasar dari keberadaan kehidupan kita sekarang ini. Nah, di Cianjur kita memiliki peninggalan sejarah yang konon katanya merupakan peninggalan peradaban tertua di dunia. Ya, adalah  Situs Gunung Padang yang terletak di Kampung Gunung Padang dan Kampung Panggulan, Desa Karyamukti Kecamatan Campaka, Cianjur. Luas bangunan purbakalanya yang berbentuk punden berundak ini sekitar 900 m2. Sementara luas areal situs sendiri kurang lebih 3 Ha.




Bila dilihat secara bahasa, arti kata Padang sendiri berasal dari beberapa suku kata, yaitu : Pa (tempat), Da (besar/gede/agung/raya) dan Hyang (Eyang/moyang/biyang/leluhur agung). Jadi arti kata Gunung “Pa Da Hyang”, adalah Gunung “Tempat Agung para Leluhur” atau boleh jadi maknanya “Tempat para Leluhur Agung”.

Keberadaan situs ini pertama kali muncul dalam laporan Rapporten van de Oudheid-Kundigen Dienst (ROD) tahun 1914, selanjutnya dilaporkan NJ Krom tahun 1949. Setelah itu hingga saat ini situs Gunung Padang masih terpantau dalam tahap penelitian. Menurut Catatan, Peradaban di Situs Gunung Padang lebih tua dari peradaban Mesopotamia di Irak dan Pyramid Giza di Mesir, yang selama ini dipercaya sebagai peradaban tertua di dunia dengan usia antara 2.500 hingga 4.000 tahun Sebelum Masehi. Sementara situs Gunung Padang ini diteliti berusia sekitar 13.000 tahun sebelum masehi. 

Adapun beberapa mitos yang beredar menyebutkan bahwa di dalam situs Gunung Padang ini terdapat sebuah ruangan besar yang diperkirakan berusia 10.000 tahun sebelum Masehi. Selain itu Situs Gunung Padang ini merupakan situs megalitikum (kebudayaan batu besar) yang terluas di Asia Tenggara. Namun di kalangan masyarakat Cianjur setempat, situs ini adalah bukti upaya bahwa Prabu Siliwangi membangun istana selama semalam.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gravitasi Kartini: Emak Tetep Boleh Punya Cita-cita Terbang Ke Bulan

Suka Duka Menjahit Tote Bag

Chatham House Rules jaminan kerahasiaan diskusi