Postingan

Menampilkan postingan dari April, 2017

Untuk Natya: Sekelumit Cerita tentang  Delman Cianjur

“pada hari minggu kuturut ayah ke kota..Naik delman istimewa kududuk di muka..Ku duduk samping pak kusir yang sedang bekerja..Mengendarai kuda supaya baik jalannya...”Tau kan Tya itu lagu tentang delman yang diciptain oleh Pak Kasur yang sampai sekarang lagunya masih terkenal dimana mana.Kalau kita dilihat dari sejarah, nama delman berasal dari nama penemunya yaitu  Charles Theodore Deeleman seorang insinyur dan ahli irigasi yang memiliki bengkel besi di pesisir Batavia pada masa Hindia Belanda.  Delman merupakan alat transportasi yang beroda dua, tiga atau empat yang tidak menggunakan  mesin tetapi menggunakan kuda sebagai tenaga  penggantinya. Sejak jaman pemerintah Hindia Belanda, delman digunakan sebagai alat angkutan umum masyarakat, terutama ketika kereta api dan kendaraan bermotor belum beroperasi di Indonesia. Selain delman, ada banyak penamaan yang digunakan untuk menyebut delman di Indonesia. Orang Perancis menyebutnya “dos-a-dos” yang berarti saling memunggungi. Istilah d…

Suka Duka Menjahit Tote Bag

Gambar
Menjadi emak dengan punya dua bocah batita punya tantangan sendiri kalau mau berkarya (di bidang menjahit, di bidang merajut). Karena berkarya pada dasarnya adalah sepenuhnya aktivitas yang sangat dinamis, mulai dari mendesain pola tas yang akan dibikin, memecah polanya menjadi master pola untuk dicopy ke bahan, mempersiapkan alat, bahan dan printilan, menyetrika pelapis dengan bahan, lanjut masuk ke proses menjahit dengan urutan yang mesti benar (kalo salah satu step aja, mesti dedel), hingga proses finishing (memasang handle, membersihkan sisa sisa jahitan, dan lain sebagainya). Emak yang berkarya tentu saja perlu memanajemen waktu agar berkarya tetap jalan, keperluan bocah juga tak boleh diabaikan. Kali ini emak berhasil belajar bikin totebag (walau kata orang ini adalah model tas paling mudah untuk dikerjakan, tapi menurut emak juga butuh tips dan trik yang cermat untuk membuatnya). Tote bag flamingo kali ini dipelajari demi untuk membuat pesanan temen yang minta dibikinkan tote…

Flower Vintage Smartphone Wallet DIY

Gambar
Beruntungnya ada skill jahit (walau sedikit), bisa bikin apa aja yang kita mau dan kita suka. Contohnya ya smartphone wallet ini..
Yang namanya emak emak pasti deh seenggaknya di rumah itu punya beberapa dompet dan tas buat dipake ganti ganti..saya pribadi bukan buat gaya-gayaan, tapi buat dipake sesuai keperluan. Seperti yang baru dibuat kali ini, niatnya sih cuma mau bikin dompet smartphone..tapi eh idenya jadi melebar pengen ada juga slot  saku untuk simpan simpan duit receh buat parkiran..Bahannya saya pake dari kain katun, motifnya sukaaak banget..nah kalo plastik beningnya saya pake dari plastik buat taplak meja..heheh Emak dengan dua bocah batita baru bisa yang kecil kecil dan simpel dulu. Lumayan buat tetep ngecharge hobi biar gak terlalu jenuh sama pekerjaan rumah yang gak ada habisnya. Syukur-syukur eh ada yang order..alhamdulillah banget dong..Kayak kata orang "pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar." Bahagia banget dah jadi emak yang bisa git…

Untuk Natya: Magrib Tiba, Yuk Masuk ke Rumah

Gambar
Credit: islamicartdb.com
Yang namanya emak emak pasti ngadepin situasi dimana anak-anak main di luar bersama teman temannya gak kenal capek gak kenal waktu. Bagi si anak sih have fun, karena memang itu dunia mereka. Tapi kita sebagai orang tua perlu ngasih tau batas waktu yang maksimal untuk bermain di luar. Sore hari misalnya sekitar jam 4 atau 5 sebelom waktu magrib tiba. Karena kalo sudah sampai magrib, kita harus tau resiko resiko bahaya yang mungkin terjadi pada anak-anak kita. Nah pertanyaannya kenapa harus sebelum magrib? Ada apa dengan waktu magrib?
Yap..Kenapa magrib menjadi waktu yg dilarang bagi anak-anak bermain di luar? Kita tentu bukan ngajarin si kecil buat takut sama hal-hal yg disebut jin dan iblis, karena pada dasarnya dunia gaib itu memang benar ada tinggal cara kita bagaimana menyampaikan dengan tepat kepada anak-anak kita. Sebagai orang tua, kita perlu tahu bahwa ini bukan mitos dan omong kosong belaka. 
Nabi SAW pun menyebutkannya dalam hadist. Isi hadist tersebu…

Gravitasi Kartini: Emak Tetep Boleh Punya Cita-cita Terbang Ke Bulan

Gambar
"Jika dahulu Kartini mengaktualisasikan diri dengan pena, sekarang waktunya emak-emak mengaktualisasikan diri dengan kecanggihan Smartphone Luna."
Emak, waktu kamu kecil pasti pernah punya cita-cita terbang ke bulan. Menjadi manusia ke sekian setelah Neil Armstrong yang selfie disana. Lalu, saat terbangun di pagi hari kamu tersadarkan akan urusan per-rumahtangga-an yang merajai diri, mulai dari melayani suami, ngurus anak-anak, ngurus dapur, sampai selalu memastikan rumah rapi, nyaman dan bersih untuk ditempati. Setiap hari, selalu disuguhi dengan aktivitas yang melulu sama. Seolah-olah emak terlahir hanya untuk rutinitas yang itu-itu saja. 🙁
Kemudian hati kecil emak berkata "apalagi yang perlu saya kejar? Menikah udah, punya anak anak udah, suami bekerja, ekonomi berkecukupan, apalagi yang saya kejar?” Hingga setiap bertambahnya hari, mimpi masa kecil emak untuk terbang ke bulan terkubur semakin dalam.
Akhirnya emak mengambil kesimpulan "Gak perlu lagi-lah punya cit…

Si Ruangan Besar, My Backpack Roll on Top

Gambar
Alhamdulillah akhirnya selesai sudah bikin backpack rolltop buat dipake sendiri. Idenya sih karena saya suka ngajak anak-anak berenang dan kemping, suka rempong bawa beberapa tas yg isinya baju baju duo krucil, perlengkapan berenang, cemilan, popok, mainan, belom baju si emak sama bapak, handuk dll.Kepikiran bikin ini juga karena terinspirasi dari tas tote yang roomy banget, tinggal jeblos jeblos untuk bawa barang banyak..😂😂😂Sudah lama menanti pengen punya tas model begini, kapasitasnya roomy, gak pake rits, motif kainnya asik, juga desainnya tetep berkesan sporty..Dimensinya saya buat dengan tinggi 45 cm, lebar guset 12 cm dan panjangnya 32 cm..lumayan besar kan?Untuk bahan bahannya yg motif pake kanvas premium, yang polos pake kanvas jepang warna carrot, webbing polykatun, printilannya pake yg atg poles tebal.
Kalau innernya saya pake kain katun motif kotak warna orens, pelapis inner m33 tangerine. Pelapis outernya t103.Lumayan need hard effort buat emje saya. Sebab berlapis2 kai…

DIY Mini Backpack buat Natya

Gambar
Sebentar lagi kakak Natya sekolah, tapi saya pengen tasnya dibuat oleh mimiy nya. kebetulan ada kain yang motifnya cucok banget buat kakak Natya yang suka kucing. Horeee...hobi mimiy bisa tersalurkan.

Bahan yang mimiy pake buat bikin backpack ini kain katun, tapi motifnya lucuu, malah ada yang kain linen motifnya persis sama kayak gini. Haha, benernya sih kain katun ini yang niru kain linen. Secara harga dan kualitas, emang lebih bagus linen kak, lebih mihil juga. Nah beruntungnya ada kain katunnya, mimiy sikat deh...lebih ekonomissss...(teteeupp yey emak-emak).

Sejujurnya mimiy belom pernah bikin tas model backpack gini kak, cuma lihat-lihat gambar nyari ide di pinterest, bolak-balik nyari tutorial, akhirnya memberanikan diri mulai dari buat pola, nyetak pola, gunting bahan, sampai konsep bahan-bahan yang cocok buat pelapisnya ngarang aja sendiri. Yang terpenting dalam membuat tass itu kan mengerti tentang konsep bangun ruang, jugaaaa ada sedikit banyak skill menjahit. hehhe

Backpack…

Sekelumit Jahitan Mimiy buat Natya

Gambar
Postingan kali ini tentang jejahitan mimiy buat kakak natya..
Jauh banget dari hasil yang sempurna, karena sampai hari ini pun mimiy masih terus belajar buat bikin yang banyaakkkk buat anak-anak mimiy.. Dress buat Natya
Rok Natya
Rok Natya
Percobaan selanjutnya:dress natya
Dress natya (bag. Belakang)
Pola badan sebelum dijahit
Pola lapis badan sebelum dijahit

Ini Dia Kain dan Motif Khas Polynesia di film moana

Gambar
Film kerapkali dibuat dengan mewakili latar belakang sebenarnya dari suatu peristiwa/ suatu keadaan, dan bahkan film juga sering terinspirasi dari kehidupan nyata kemudian didramatisasi agar lebih menarik dan menghibur penonton. Dari jajaran film animasi yang baru-baru saya tonton, saya terpikat dengan Moana. Film buatan Disney yang memakan waktu lima tahun untuk menggarapnya itu sukses menuai masukan positif dari banyak kritikus film. Mulai dari ide cerita, latar tempat, ukiran-ukiran, penokohan, arsitektur rumah, termasuk tentang mengangkat beberapa kepercayaan asli masyarakat polynesia dituangkan dalam simbol-simbol yang sarat makna dari kepercayaan yang sudah beredar di kalangan masyarakat polynesia.
Menurut informasi yang saya dapat, film moana dibuat untuk mewakili latar belakang keadaan dan kebudayaan yang sebenarnya dari masyarakat kepulauan Polynesia. Oleh karenanya sang sutradara tak main-main menggarapnya, bahkan sampai melakukan riset dengan mendatangi beberapa pulau-pula…

Membuat Cosmetic Pouch dengan Sentuhan Hand Embroidery

Gambar
Gegara surfing di pinterest ngeliat hand embroiderry buatan luar negeri yang ciamik-ciamik, jadilah saya latah kepengen bisaan juga. Itulah kekurangan saya, pengen semua bisaa, pengen semua dipelajari, jadinya gak fokus, semua pengen dilahap hihih. tapi untungnya jadi semakin banyak tahu, dan dari semakin tahu jadi makin pengen tahu lagi. Long Live learning...

Nah, ngomong-ngomong, sekitar semingguan yang lalu saya bikin pouch kosmetik. Tapi saya pengen ada hand embroidery (bordir tangan/ sulam tangan). Jadilah tercetus ide menggunakan motif nanas untuk hand embroidery nya. Kenapa nanas? karena menurut info yang saya dapat, pada abad ke-16 di Eropa, nanas menjadi simbol persahabatan dan juga dipercaya dapat menjadi pembawa keberuntungan. Walaupun pada akhirnya buah nanas diklaim adalah tanaman khas daerah tropis, tapi ternyata awal mula buah nanas dibudidayakan justru berada di benua Eropa. Dan karena Eropa beriklim dingin, maka nanas menjadi bahan makanan yang eksklusif dan langka.
U…

Chatham House Rules jaminan kerahasiaan diskusi

Gambar
Berbicara tentang diskusi, kita tahu bahwa hal tersebut melibatkan beberapa orang untuk dapat duduk bersama dalam suatu forum agar dapat berinteraksi membicarakan tentang suatu hal dan atau berupaya mencari solusi dari sebuah perkara.

Kadang-kadang kebebasan berpendapat yang bebas nilai bisa mengancam nyawa peserta diskusi jika isu yang dibahas adalah isu-isu kontroversial.

Nah, bagaimana jaminan kerahasiaan berpendapat dalam diskusi ini bisa ada?

Mungkin solusinya adalah Chatham House Rules. Pernah dengar tentang Chatham House Rules ini? Agaknya kurang begitu familiar ya di telinga kita.

Chatham House Rules adalah aturan jaminan kerahasiaan dalam sebuah diskusi. Topik, narasumber, komentar bahkan sampai peserta diskusi dijamin kerahasiaannya.

Biasanya negara-negara di Eropa yang menerapkan aturan ini dalam diskusi-diskusi kontroversial yang mengancam keamanan narasumber dan peserta diskusi dalam berpendapat.

Disebutkan dalam Chatam Rules bahwa pertemuan/diskusi yang diselenggarakan …

Makna filosofis dibalik legenda origami burung (bangau)

Gambar
Siapa sih yang gak kenal sama origami?
Iya..teknik kesenian melipat kertas khas negara jepang. Karena saya punya anak umur 2 setengah tahun hampir 3 tahun malah..sepertinya asik kalau bermain main melipat kertas ala origami. Selain karena cukup melatih daya imajinasi anak, origami juga dipercaya mampu mengajarkan anak tentang konsep memecahkan masalah.


Ohya di indonesia sendiri origami bahkan sudah mulai diperkenalkan pada anak anak sejak duduk di taman kanak-kanak.
Nah..salah satu bentukan yang paling populer di origami adalah bentuk burung (burung bangau). Kenapa begitu populer? Karena ternyata origami burung (bangau) ini erat kaitannya dengan kepercayaan masyarakat jepang dan memiliki makna filosofis.

Diketahui bahwa burung bangau atau yg dalam bahasa jepang disebut tsuru. Jepang memiliki legenda jika melipat 1000 burung bangau kertas (senbazuru) mampu mengabulkan satu permohonan, misalnya memiliki umur yg panjang, sembuh dari penyakit  dll. Pasti kita bertanya tanya kan Mengapa bu…