Chatham House Rules jaminan kerahasiaan diskusi


Berbicara tentang diskusi, kita tahu bahwa hal tersebut melibatkan beberapa orang untuk dapat duduk bersama dalam suatu forum agar dapat berinteraksi membicarakan tentang suatu hal dan atau berupaya mencari solusi dari sebuah perkara.

Kadang-kadang kebebasan berpendapat yang bebas nilai bisa mengancam nyawa peserta diskusi jika isu yang dibahas adalah isu-isu kontroversial.

Nah, bagaimana jaminan kerahasiaan berpendapat dalam diskusi ini bisa ada?

Mungkin solusinya adalah Chatham House Rules. Pernah dengar tentang Chatham House Rules ini? Agaknya kurang begitu familiar ya di telinga kita.

Chatham House Rules adalah aturan jaminan kerahasiaan dalam sebuah diskusi. Topik, narasumber, komentar bahkan sampai peserta diskusi dijamin kerahasiaannya.

Biasanya negara-negara di Eropa yang menerapkan aturan ini dalam diskusi-diskusi kontroversial yang mengancam keamanan narasumber dan peserta diskusi dalam berpendapat.

Disebutkan dalam Chatam Rules bahwa pertemuan/diskusi yang diselenggarakan di bawah sistem Chatham Rules tidak diperkenankan menyebarkan setiap informasi, hasil debat, sesiapa yang hadir, termasuk kerahasiaan tempat dan waktu kepada orang lain/ pihak tertentu di luar dari diskusi.

Dalam Chatham Rules pula bahwa setiap peserta diskusi termasuk pembicara (speaker) memegang teguh prinsip keterbukaan dalam berdiskusi dgn leluasa tanpa perlu takut akan beban gelar, pendidikan, pandangan pribadi, intimidasi, ditandai lawan politik bahkan resiko pemecatan dari pekerjaan.

Perkembangan jaman dalam diskusi terbuka dengan aturan Chatham Rules tidak harus selalu bertempat di Chatham House. Dan untuk acara yg diselenggarakan di bawah Chatham Rules yang tidak diselenggarakan oleh Chatham House, setiap tindakan yang diambil karena melanggar peraturan tersebut sepenuhnya ada pada kebijaksanaan dan integritas penyelenggara.

Sampai-sampai saking rahasianya, sejarah Chatham House Rules hanya mencatat tanggal dan tahun aturan ini ditetapkan pada Juni 1927 di markas Inggris Royal Institute of International Affairs, yang berbasis di Chatham House, London. Topik diskusi, peserta diskusi bahkan penggagas aturan diskusi Chatham Rules pada Juni 1927 sampai hari ini masih menjadi rahasia.

Tujuan dari aturan ini adalah untuk menjamin anonimitas kepada mereka yang berbicara dalam forum diskusi sehingga solusi yang lebih baik dapat dicapai. Bahkan aturan ini sekarang digunakan secara internasional sebagai bantuan untuk diskusi yang bebas dan terbuka.

Lalu siapa saja sih yang menggunakan aturan ini? Chatham Rules banyak digunakan oleh organisasi pemerintah dan bisnis serta organisasi penelitian. Bahkan institusi peradilan dalam membuka kasus lewat whistle blower juga memakai kaidah Chatham Rules dalam melindungi kerahasiaan narasumber.

Jadi, kapan kita akan diskusi dengan Chatam rules? :)

Terimakasih sudah membaca..

Salam,


Source: https://www.chathamhouse.org/about/chatham-house-rule
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Chatham_House

Komentar

  1. Jadi gitu ya? Ternyata ada juga metode diskusi dengan metode ini. Baru tau..

    Thks infonya mak, bermanfaat..
    Mampir ke blog aku ya.. http://mario.my.id

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gravitasi Kartini: Emak Tetep Boleh Punya Cita-cita Terbang Ke Bulan

Suka Duka Menjahit Tote Bag