Lampu Gentur, Lampu Termashur dari Cianjur


Gentur adalah sebuah desa di Jambudipa, Warungkondang, Cianjur, Jawa Barat. Desa Gentur jika dilihat dari posisi geografis terletak di kaki Gunung Gede Pangrango, desa yang sarat akan nuansa keagamaan. Dari kampung inilah banyak dicetak santri-santri yang menyebarkan agama Islam di pulau Jawa. Asal usul perjalanan lampu gentur ini bermula pada tahun 1870, saat itu para santri selalu melakukan ibadah keagamaan di malam hari, para santri biasanya menggunakan obor sebagai penerangan. Karena obor gampang mati tertiup angin dan beresiko menyebabkan kebakaran, terbitlah gagasan dari pak Muchsin (alm) untuk membuat pelindung lampu dari tiupan angin dan lebih aman dari resiko kebakaran. Maka mulailah para santri memakai pelindung lampu dari perpaduan kaca dan kuningan tersebut, yang kemudian terkenal dengan sebutan lampu Gentur.





Lambat laun lampu ini mengalami perkembangan yang signifikan, mulai dari bentuk, bahan yang digunakan, motif dan corak, sampai fungsinya pun menjadi beraneka ragam. Yang awal mulanya hanya sebatas alat penerangan, kini lampu gentur menjadi aksesoris home decor, juga sebagai pajangan. Saat ini Lampu Gentur umumnya terbuat dari aluminium, kuningan, dan percahan kaca berwarna yang disusun secara unik dengan nilai estetik yang tinggi.

Dengan banyaknya peminat dari luar kota, akhirnya memproduksi lampu Gentur-pun menjadi sumber pilihan pendapatan bagi warga. Banyak warga dari kampung Gentur menggantungkan ekonominya pada pembuatan lampu Gentur. Saat ini jika dilihat dari bentuk desain, lampu Gentur memiliki tak kurang dari 500 model dan motif hasil kreasi dari tangan-tangan terampil pengrajin lampu Gentur. Kini lampu gentur banyak kita jumpai menghias hotel-hotel, restaurant, rumah-rumah mewah, juga taman-taman kota. 

menarik ya,..ternyata selain di Turki, Indonesia juga punya lampu yang gak kalah cantiknya..


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gravitasi Kartini: Emak Tetep Boleh Punya Cita-cita Terbang Ke Bulan

Suka Duka Menjahit Tote Bag

Chatham House Rules jaminan kerahasiaan diskusi