Ramadan di berbagai negara



Assalamualaikum teman-teman...
Alhamdulillah gak kerasa ya sebentar lagi (mudah2an panjang umur) kita akan bertemu  dengan bulan yang dinanti-nanti oleh ummat muslim seluruh dunia : bulan Ramadhan.  Kalo Ramadhan tahun kemarin saya masih punya satu bocah, alhamdulillah Ramadhan 2017 ini saya udah punya dua bocah.

Seperti kita ketahui Setiap ibadah dan kebaikan yang dilakukan pada bulan Ramadan dilipatgandakan balasan pahala oleh allah swt. Bulan ampunan, bulan penuh berkah, bulan dimana bahkan tidur pun bernilai ibadah, bernilai pahala.

Jika di indonesia rentang lamanya waktu kita berpuasa sekitar 13 jam setiap hari dimulai saat imsak hingga berbuka, maka tentu saja berbeda dengan negara-negara lain di seluruh dunia. Mengapa? Karena Setiap negara memiliki perbedaan waktu siang dan malam sehari-harinya, hal ini disebabkan oleh perputaran bumi mengelilingi matahari tidaklah lurus tetapi miring. Hal ini membuat pada waktu-waktu tertentu Maret-September negara-negara di belahan bumi utara menerima cahaya matahari lebih lama dari yang di selatan. Sementara periode Oktober-Februari negara-negara di belahan selatan menerima cahaya matahari lebih lama dibanding yang di utara. Kita sendiri di indonesia dapat dikatakan begitu beruntung dalam menjalankan ibadah berpuasa dengan durasi puasa hampir 13 jam lamanya setiap hari. Lalu Bagaimana dengan negara-negara dengan durasi berpuasa terpanjang di dunia? Di negara mana sajakah mereka?

1.      Skandinavia
Negara-negara di skandinavia seperti norwegia, denmark, swedia, finlandia dan islandia memiliki waktu puasa terpanjang yakni sekitar 20 hingga 22 jam setiap harinya. Hal ini dikarenakan negara-negara tersebut tengah memasuki musim panas dan matahari terbit dalam waktu yang lebih lama. Meskipun demikian muslim disana tetap menjalankan puasa dengan semangat, bahkan banyak ulama disana memperbolehkan umat muslim disana untuk berbuka di waktu yang sama dengan Arab Saudi dan Turki.
2.      Rusia
Merupakan salah satu negara yang terletak di bagian paling utara bumi melaksanakan ibadah puasa hampir 19 jam setiap hari lamanya. Faktanya islam di Rusia adalah agama terbesar kedua setelah Kristen Ortodox. Dan sama seperti halnya Indonesia, jika ramadan tiba muslim di rusia selalu mengadakan bazar dadakan di hampir setiap masjid yang ada di Rusia.
3.      Amerika serikat
Di negeri Paman Sam ini umat muslim menjalankan ibadah puasa lebih lama dibandingkan dengan indonesia, yakni sekitar 16 jam setiap harinya. Muslim di Amerika Serikat ini memiliki tantangan tersendiri dalam menjalankan ibadah puasa mengingat muslim disini merupakan minoritas, ditambah keadaan yang kebanyakan tidak berpuasa serta musim yang tengah memasuki musim panas dengan matahari terbit dalam waktu yang lebih lama.
4.      Belanda dan Belgia
Disini umat islam berpuasa selama 18 jam 30 menit.
Dari beberapa negara dengan durasi berpuasa terpanjang di atas, rupanya ada pula beberapa negara yang memiliki durasi berpuasa terbilang pendek setiap harinya, seperti Australia yang menjalankan ibadah puasa hanya selama 10 jam setiap harinya. Sementara Argentina, lamanya berpuasa dalam sehari yaitu selama 9 jam 30 menit saja.

Begitu dulu ya..ulasan singkat tentang Ramadan di berbagai negara..selamat beraktivitas, jaga kesehatan biar tetep prima sampai Ramadan tiba..:D

Wassalamualaikum wr wb.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gravitasi Kartini: Emak Tetep Boleh Punya Cita-cita Terbang Ke Bulan

Suka Duka Menjahit Tote Bag

Chatham House Rules jaminan kerahasiaan diskusi