Suka Duka Menjahit Tote Bag


Menjadi emak dengan punya dua bocah batita punya tantangan sendiri kalau mau berkarya (di bidang menjahit, di bidang merajut). Karena berkarya pada dasarnya adalah sepenuhnya aktivitas yang sangat dinamis, mulai dari mendesain pola tas yang akan dibikin, memecah polanya menjadi master pola untuk dicopy ke bahan, mempersiapkan alat, bahan dan printilan, menyetrika pelapis dengan bahan, lanjut masuk ke proses menjahit dengan urutan yang mesti benar (kalo salah satu step aja, mesti dedel), hingga proses finishing (memasang handle, membersihkan sisa sisa jahitan, dan lain sebagainya). Emak yang berkarya tentu saja perlu memanajemen waktu agar berkarya tetap jalan, keperluan bocah juga tak boleh diabaikan.
Kali ini emak berhasil belajar bikin totebag (walau kata orang ini adalah model tas paling mudah untuk dikerjakan, tapi menurut emak juga butuh tips dan trik yang cermat untuk membuatnya).
Tote bag flamingo kali ini dipelajari demi untuk membuat pesanan temen yang minta dibikinkan tote bag dari motif sepatu yang beberapa waktu emak pernah post disini. Emak pengen kalau untuk pesanan orang harus bener bener rapih, presisi, dan perfect. Gak boleh cacat, karena kan biar dia puas dengan buatan kita. Dalam hati emak berpikir "padahal pan gue baru belajar eh dia percaya aja minta dibuatkan, dibayar cash lagi." (Emak gemeteran takut salah) tapi ahh nikmat Tuhan yg mana lagikah yang kau dustakan, mak? Itu artinya emang rejeki untukmu. Aaminn..
Sebenernya bikin tote bag itu mudah, cuma bagi emak yang selalu parno kalo berurusan sama zipper jadinya bikin totebag itu agak agak horor.
Flamingo tote bag kali ini menggunakan teknik gak pake guset, cukup dijahit bagian sudut kiri kanan badan tas hasilnya bisa jadi guset untuk bawah (alas tas).
Ada tiga bagian besar nih yang endingnya menentukan hasil akhir tote bag ini. Yaitu inner badan, lidah rits, juga outer. Disana suka duka ngejahit tote bag ini, kalo urutan stepnya keliru aja jadi dua kali kerja deh, hasilnya juga gak memuaskan. Yang emak kerjain ternyata salah, emak ngerakit inner dengan outer duluan pake sistem lahiran baru terakhir masang lidah rits.
Emang hasilnya tetep jadi, tapi setelah emak konsul ke temen crafter yang udah banyak makan asam garam di dunia bag making, ternyata urutannya salah..hasil akhir ternyata inner badannya agak nongol di antara lidah rits dan outer..jelek..
Tapi mau dedel emak udah lemah semangat, alhasil udahlah..nanti kalau mau bikin lagi baru kerjain step by stepnya dengan urutan yang benar.
Oh iya, emak reshare ya link tutorial bikin lidah rits dan cara merakitnya ke inner tas yang benar, ini dia  https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10204579242881031&id=1832860849
Moga moga bisa kebuka ya..moga bermanfaat..
Happy crafting, 

Bagian lidah rits yang keliru karena inner badan yg polkadot merah rada nongol di sepanjang bibir tas

Posisi rits dibuka

Komentar

  1. Cakep bgd sih mbk, kereeennnnn,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasiiihhhh mbaaakk inda chakim 😍😍😍😍
      Bikin yuk mbak..

      Hapus
  2. Baguus mbak. Asyik ya bisa bikin tas sendiri gitu. Mau model apa tinggal belajar tutorialnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyyah..siapapun mah pasti bisa asal mau belajar mbak..hehhe
      Makasih mbak sudah berkunjung..😉😉

      Hapus
  3. Wah keren nih bisa bisnis tas Mak. Cakep banget tasnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin..makasih mbak..
      Sementara ini aku cuma buat muasin passionku aja dulu mbk..belom bisa full bisnis disini..

      Hapus
  4. Keren mbak tas nya, itu pakai bahan kain apa mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahan katun sama linen mbak...makasih mbak..😘😘😘

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gravitasi Kartini: Emak Tetep Boleh Punya Cita-cita Terbang Ke Bulan

Chatham House Rules jaminan kerahasiaan diskusi