Peringatan Hari Buku Nasional bersama AKSELERASI


Kalau berbicara tentang buku, apa sih yang ada di benakmu? Membaca? Wawasan? Jendela Dunia? Yap semua itu benar adanya. Dikarenakan adanya buku, maka kita bisa membaca. Dengan Membaca buku, sudut pandang kita jadi kaya, wawasan kita jadi berwarna, dan pepatah sendiri mengatakan buku adalah jendela dunia.


Dikatakan bahwa begitu bermanfaatnya membaca hingga Sejarah mencatat bahwa lahirnya peringatan hari buku nasional adalah jatuh pada tanggal 17 Mei, dan visi besar dari peringatan tersebut tak lain dan tak bukan adalah untuk meningkatkan minat membaca bagi seluruh masyarakat Indonesia sekaligus menjadikan membaca sebagai budaya dinamis yang tertanam baik bagi  seluruh generasi.


Kendati demikian, keberadaan buku di tengah membludaknya perkembangan teknologi saat ini membuatnya mengalami pergeseran dalam pemenuhan kebutuhan membaca, karena kita sudah mengenal internet dengan baik, adanya ebook dan segala macam bacaan yang berbentuk digital membuat minat membaca menggunakan buku fisik masyarakat Indonesia semakin menurun. Sebagai informasi, Berdasarkan studi "Most Littered Nation In the World" yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016 lalu, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca. Betapa jauh ketertinggalan kita.


Tapi yang namanya putera puteri kreatif Indonesia tentu tak akan putus berharap dan tetap berusaha untuk tetap mengajak dan mempengaruhi masyarakat agar meningkatnya kembali minat membaca. Membaca menjadi aktivitas yang menyenangkan. Seperti contoh yang dilakukan oleh kawan kawan Taman Baca Binar dan Cipanas Creative Action kali ini yang menyelenggarakan acara keren bertajuk AKSELERASI (Aksi Edukasi Lewat Literasi) dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional sekaligus sebagai upaya campaign ke masyarakat luas tentang menariknya kegiatan membaca. Acaranya bertempat di sebuah bangunan menyerupai candi yang umumnya masyarakat sekitar menyebutnya Candi Tri Dharma. Lokasinya beralamat di Kp. Gunung Putri Rw. 07 Desa Sukatani Kec. Pacet.


Sengaja bebep ngajak aku dan anak-anak untuk datang ke acara ini karena ada nilai edukasinya buat anak-anak, terlebih lagi kami menyukai acara yang dilakukan di alam, sedikit banyak mengenalkan mereka sejak dini dekat dengan alam. Ada beberapa rangkaian acara seperti Camping, Performance Art (Monolog, Musikalisasi Puisi, Pembacaan Puisi dll), Sharing Session, Workshop, Lapakan Buku dan Bazaar Komunitas juga ada Screening Film. Asik bukan?! Selain belajar kita juga mengenal budaya dan seni lewat beberapa pertunjukkan.


Makasih banyak ya buat Taman Baca Binar juga buat Cipanas Creative Action yang udah menyelenggarakan acara keren ini. Keren gak cuma buat anak-anak muda, tapi juga keren buat para orang tua yang punya anak-anak seperti kami.

Semoga terus bisa menginspirasi dan mengaktivasi banyak orang bahwa budaya literasi sangat penting dan sangat bermanfaat untuk kita semua. Sukses selalu...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gravitasi Kartini: Emak Tetep Boleh Punya Cita-cita Terbang Ke Bulan

Suka Duka Menjahit Tote Bag

Chatham House Rules jaminan kerahasiaan diskusi